Selamat Datang

Lingkungan Tropis adalah majalah ilmiah dalam bidang lingkungan dan telah terakreditasi LIPI. Silakan berpendapat dan saling tukar pikiran dalam forum ini demi peningkatan prestasi dalam menjaga kelestarian alam bumi pertiwi.

Wednesday, February 10, 2010

Seminar Ilmiah Nasional


Seminar Ilmiah Nasional Tahunan pertama kali diadakan di ITB pada tahun 2005. Pada saat itu Tema seminar adalah "Penelitian Masalah Lingkungan di Perguruan Tinggi". Walaupun baru dimulai, peserta seminar dengan membawa makalah sudah mencapai kurang lebih 80 makalah. Makalah berasal dari berbagai jurusan di ITB, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Diponegoro, Universitas Pancasila, Universitas Sriwijaya, Universitas Andalas, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), UGM, IPB, Universitas Sahid Jakarta, ITENAS Bandung, UNPAS Bandung, BPPT, LON LIPI, LIPI Geotek, Puslitbang Pemukiman, Puslitbang Air. Makalah yang dipresentasikan diterbitkan dalam Jurnal Teknik Lingkungan Edisi Khusus 2005 dan Edisi regular.

Ilmiah Nasional Kedua diadakan di ITB pada tahun 2006. Tema seminar tetap sama dengan seminar sebelumnya yaitu "Penelitian Masalah Lingkungan di Perguruan Tinggi". Pada kesempatan ini, makalah terkumpul sebanyak 100 lebih dengan sebaran asal atau instansi pemakalah lebih baik.


Seminar ketiga diadakan di Universitas Indonesia Kampus Depok. Seminar kali ini dihadiri oleh pemakalah yang tidak kalah banyaknya dan berasal dari berbagai isntansi dan perguruan tinggi.


Ilmiah IATPI ke empat diadakan di Universitas Trisakti pada tahun 2008 kampus Grogol Jakarta pada tahun 2008. Seminar ini dihadiri oleh banyak peserta yang melebihi seratus pemakalah dan juga para guru besar dari berbagai universitas dan guru besar riset dari berbagai lembaga penelitian.


Seminar Ilmiah Nasional IATPI ke lima diadakan di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Lingkungan UNDIP kampus Tembalang pada Tanggal 6 Agustus 2009. Pemakalah berdatangan dalam jumlah yang tidak diduga banyaknya. Kualitas presentasi jauh lebih baik dan para peserta sudah saling kenal karena kita selalu bertemu setiap tahun.


Seminar Ilmiah Nasional IATPI ke enam diadakan di Program Magister Ilmu Lingkungan UNUD kampus Denpasar pada tanggal 29 Juli 2010. Pemakalah berasal dari lebih 40 perguruan tinggi dan lembaga pemerintah. Presentasi diadakan secara berdampingan 8 kelas. Setelah seminar, banyak peserta memanfaatkan waktu berlibur ke beberapa tempat wisata di Denpasar dan sekitarnya. Suatu seminar yang sangat mengesankan.
Seminar ke 7 di Institut Teknologi Sepuluh November pada tanggal 22 Juni 2011. Seminar Berjalan sukses. Dengan 120 makalah berasal dari lebih dari 60 universitas dan instansi di Seluruh Indonesia.

3 comments:

  1. seminar ilmiah lingkungan nasional ini akan diadakan kpan lagi??
    saya ari luqman mahasiswa geografi UPI anggota LEPPIM (Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelktual Mahasiswa) tolong dikonfirmasikan berita ini. ke email : ari_luqman_24@yahoo.com

    ReplyDelete